Wednesday 2 January 2019

Khasiat Buah Anggur


Anggur yang terkenal kaya akan antioksidan, mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B2, serat dan kadar air tinggi, zat besi, mineral, fosfor, kalsium, potasium dan lain-lain. Jika Anda tidak menyukai buah sitrus, anggur bisa diganti karena kaya akan vitamin C.

Berikut kami sajikan dalam 12 manfaat yang dapat anda ambil dari anggur:

1. Anggur Dapat Mencegah Kanker Payudara

Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur dapat membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor payudara.

2. Mengobati Sembelit Atau Susah BAB

Anggur mengandung asam organik, gula dan selulosa yang dikenal sebagai obat pencahar. Jadi, anggur yang sangat bagus dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

3. Mampu Mengobat Asma

Anggur memiliki daya serap yang bisa meningkatkan kadar air di paru-paru. Jadi sangat baik dikonsumsi penderita asma agar bisa mengurangi masalah sesak napas.

4. Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Minyak biji anggur bisa menjadi solusi terhadap masalah penuaan seperti kerutan di wajah. Minyak biji anggur kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang bisa membuat wajah Anda terlihat lebih muda.

5. Pemutihan Gigi Alami

Anggur bisa dijadikan menu makanan ringan bagi mereka yang ingin memutihkan gigi. Asam malat yang terkandung dalam anggur, secara alami menghilangkan noda pada gigi, sekaligus mengatasi perubahan warna pada gigi.

6. Mencegah Katarak

Exstrak Anggur dalam walatra sehat mata softgel mengandung antioksidan flavonoid, yang bisa mengurangi dan menahan kerusakan akibat radikal bebas seperti katarak.

7. Mengatasi Susah Tidur

Anggur adalah satu-satunya buah yang mengandung melatonin, hormon yang mengatasi masalah tidur. Jadi makanlah anggur setelah makan malam agar bisa tidur nyenyak.

Baca Juga Obat Herbal kanker Walatra Zedoril

Kandungan Nutrisi Anggur Merah


Manfaat anggur bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya memang cukup beragam. Namun, sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang membuat buah ini sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan nutrisi dalam buah yang memiliki lebih dari 200 varietas ini antara lain adalah sebagai berikut.

1.  Vitamin K

Buah yang merupakan salah satu bahan untuk membuat wine, selai, maupun jus ini didominasi oleh vitamin K. Dalam 150 gram buah anggur merah terdapat vitamin K yang hampir mencapai 25 persennya. Selain vitamin K, vitamin lainnya yang terkandung dalam jumlah kecil antara lain adalah vitamin C, A, B6 (piridoksin) dan sebagainya.

2.  Riboflavin (B2)

Kandungan vitamin B2 dalam buah anggur merah mencapai 8% per 150 gramnya. Vitamin ini berperan penting dalam proses metabolisme energi dan metabolisme nutrisi lainnya seperti protein, lemak, karbohidrat dan sebagainya.

3.  Mineral Tembaga

Selain vitamin, mineral kompleks juga banyak terdapat dalam anggur merah. Salah satu mineral kompleks yang terdapat dalam buah ini adalah tembaga yang dengan kandungan 21% per 150 gramnya. Jenis mineral ini tidak hanya dibutuhkan untuk metabolisme dan menjaga kesehatan sel, namun juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ dan saraf.

4.  Elektrolit

Ada dua jenis elektrolit penting yang terdapat dalam buah anggur merah. Kedua jenis elektrolit tersebut adalah potasium dan sodium. Potasium dalam 100 gram buah ini sebanyak 191 mg atau sekitar 4 % dari total nutrisi di dalamnya. Sementara itu, elektrolit sodium sejumlah 1 mg.

5.  Fitonutrien

Buah anggur merah mengandung 3 jenis fitonutrien di dalamnya, yaitu karoten, betakaroten dan lutein zeaxanthin. Lutein sendiri berjumlah 72 µg sedangkan karoten dan betakaroten masing-masing sebanyak 1 µg dan 39 µg.

10 MANFAAT BUAH ANGGUR BUAT KESEHATAN 

1. Asma

Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

2. Antibakteri

Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

3. Alzheimer

Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

4. Kanker payudara

Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

5. Sembelit

Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

6. Kelelahan

Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.

7. Penyakit jantung

Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

8. Pencernaan

Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.

9. Migrain

Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

10. Gangguan ginjal

Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.

0 komentar:

Post a Comment