Thursday 15 November 2018

Khasiat buah Strawberry

Strawberry adalah salah satu tanaman buah yang paling populer di seluruh dunia. Salah satu spesies tanaman stroberi yang banyak tersebar yaitu Fragaria chiloensis L karena menyebar ke berbagai negara seperti Amerika, Eropa dan Asia.

Sedangkan spesies lain, yaitu F. vesca L lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis stroberi ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia.

Buah mungil berwarna merah dan berbintik-bintik ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sebelum mengetahui manfaat stroberi, Anda juga perlu tahu kandungan yang terdapat di dalamnya, di antaranya:
  • Vitamin C

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah stroberi lebih banyak dibandingkan 1 buah jeruk oranye, karena stroberi memberikan 94 miligram vitamin C atau 1,5 kebutuhan vitamin C harian.
  • Kalori

Delapan buah stroberi atau setara dengan 1 gelas, hanya mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol atau asam lemak jenuh. Pada jumlah yang sama, stroberi juga memberikan 30 mikrogram (ug) asam folat.
  • Antioksidan

Antioksidan bekerja dengan mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah pada pembentukan sel-sel kanker. Selain itu, antioksidan di dalam stroberi mampu memberikan perlindungan pada hati dan menjadi zat antiinflamasi. Perlu diketahui dari 160 gram buah stroberi mengandung: energi 50 kalori, protein 1 gram, karbohidrat 11,65 gram, serat 3,81 gram, kalsium 23,24 mg, magnesium 16,60 mg, fosfor 31,54 mg, potasium 44,82 mg, selenium 1,16 mg, vitamin C 94,12 mg, Folat 29,38 mg, Vitamin A 44,82 IU.

KHASIAT BUAH STRAWBERRY 
  • 1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah stroberi membantu memperkuat kekebalan tubuh kamu. Ini akan membantu untuk melawan infeksi tertentu. Vitamin C akan memberikan manfaat ganda bila dikombinasikan dengan makanan lain yang mengandung zat besi.
  • Memutihkan gigi

Asam malat yang terkandung dalam stroberi bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi. Dengan mengunyah stroberi setiap hari hal itu dapat membantu untuk menyehatkan mulut, seperti: memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, dan membuat napas menjadi lebih segar.
  • Mengurangi berat badan

Buah yang indah ini memiliki sedikit kalori dan kaya serat. Karena kaya serat bisa memberikan rasa kenyang jika kamu makan stroberi sebelum makan. Faktor lainnya lagi yaitu Vitamin C, meningkatkan metabolisme yang membakar kalori lebih cepat.
  • Mencegah kanker

Kandungan vitamin A, C, E dan asam ellagik berfungsi untuk melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Stroberi juga dipercaya dapat mencegah terjadinya leukimia. Leukemia merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan dan buah stroberi dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker sel darah.
  • Mengobati jerawat

Kandungan asam salisiat di dalam stroberi memiliki manfaat untuk mengobati jerawat secara alami.
  • Menghaluskan kulit

Buah stroberi mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya gunakan stroberi ini sebagai lulur mandi. Agar mendapatkan manfaat lebih, campurkan stroberi yang telah dihaluskan dengan susu dan minyak zaitun. Selain menjadi lebih halus, kulit pun akan tampak lebih cerah.
  • Menjaga kesehatan mata

Usia dan nutrisi bisa memengaruhi kondisi kesehatan mata seseorang. Namun, dengan adanya zat antioksidan tinggi pada stroberi, hal itu berguna memerangi radikal bebas dan tentunya sekaligus mencegah penuaan dini.

Nah, ternyata banyak juga ya alasan sehat untuk makan stroberi. Selamat mencoba dan jaga selalu kesehatanmu!

Baca Juga :

0 komentar:

Post a Comment